Pemanfaatan Bayam Liar sebagai Peluang Usaha Rumah Tangga Oleh Mahasiswa KKN UMB

Jumat, 17 September 2021. Rossy Ananda Putri Lubis mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMB tahun 2021 ini. Tidak ada yang aneh dari namanya, yang menjadi perhatian darinya yaitu program KKN yang telah ia kerjakan beberapa minggu ini yang dimana telah masuk akhir pada minggu ke-4 pelaksanaan KKN. Rossy melaksanakan KKN tersebut di Provinsi Bengkulu tepatnya di kelurahan Lempuing kecamatan Ratu Agung kota Bengkulu. Ada beberapa program kerja yang telah ia lakukan yaitu: 1). Membuat bimbingan kursus bahasa inggris pada anak-anak SD/SMP; 2). Mengajarkan mengaji atau tahsin pada anak-anak SD/SMP; 3). Sosialisi pentingnya menabung sejak dini; 4). Sosialisai Protokol kesehatan dan pembagian masker gratis dan 5). Pemberdayaan kewirausahaan bayam liar sebagai peluang usaha rumah tangga.     

Ya bayam liar. Pada proker ke-5 disebutkan bahwa Rossy memberdayakan masyarakat terhadap bayam liar yang banyak tumbuh disekitar perumahan warga untuk menjadi peluang usaha rumah tangga. Dengan kondisi sekarang itu merupakan suatu alternatif pemanfaatan bayam liar sebagai penghasilan sumber tambahan bagi masyarakat terutama ibu-ibu yang ada disana. Program yang telah ia jalankan tersebut telah mendapatkan respon baik dari masyarakat sekitar disana salah satunya dapat dilihat dari antusias anak-anak serta orang tua ketika ikut serta dalam program kerja yang telah Rossy laksanakan.

Dalam kegiatan tersebut ternyata Rossy tidak meninggalkan pekerjaan lain dimana ia bekerja sebagai salah satu staf di sebuah kedai di kota Bengkulu. Ulet, Tekun, dan Kreatif mungkin cocok dengan dipadukan dengan sosoknya itu. Semoga dengan Proker yang tengah ia atau mahasiswa lain yang menjalankan program mereka masing-masing bisa membantu warga dimana mereka melaksanakan KKN ditahun ini.