Pemberdayaan Kelompok PKH kelurahan Pagar Dewa dengan Pelatihan Teknik Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Menjadi Pupuk organik yang dilakukan Universitas Muhamadiyah Bengkulu

Bengkulu Kota – Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat Kelompok Perempuan PKH Kelurahan Pagar Kota Bengkulu untuk meningkatkan potensi masyarakat dalam pengelolaan sampah Rumah tangga agar lebih bermanfaat dan bernilai Ekonomis. Maka diadakan kegiatan Pelatihan Tehnik pengelolaan sampah rumah tangga menjadi pupuk organik yang dilakukan Tim Pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Kota Bengkulu.

Dalam pelaksanaannya peserta merupakan Kelompok Perempuan PKH Kelurahan Pagar Kota Bengkulu yang langsung di dampingi oleh pendamping PKH Kelurahan Pagar dewa yaitu Ibu Marsellina Fitri, M.Si dan di fasilitasi oleh Tim Pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang diketuai Ibu Meti Herlina,M.Pd dengan tim Rukiah Lubis,M.Pd, Dr. Jayanti Syahfitri, M.Pd, Dr. Apriza Fitriani, M.Pd dan Dr. Nopriyeni, M.Pd. Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Meti Herlina dijelaskan tentang perlunya pengolahan sampah dengan baik, bahaya sampah serta bagaimana teknik pengolahan sampah rumah tangga Tong Komposter. Kegiatan yang di laksanakan di RT 36 kelurahan pagar dewa kecamatan Selebar Kota Bengkulu juga dihadiri oleh Ketua LPPM Univeristas Muhammdiyah Bengkulu.

Dalam sambutanya Bapak Dr, Sunaryadi, M.Si menyampaikan pentingnaya pengolahan sampah dengan baik untuk mendukung program pemerintah dalam mengendalikan sampah. Pada kegiatan ini juga langsung dilaksanakan praktek nyata dalam pengolahan sampah rumah tangga dengan menggunakan Tong Komposter yang Mengahasilkan pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan akan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolah sampah yang baik, dan sampah bisa di olah menjadi lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis untuk anggota PKH khususnya dan masyarakat Kota Bengkulu pada umumnya. (Ratna)