Pengabdian Masyarakat, Dosen Pembimbing Lapangan/DPL UMB Sosialisasi Pembuatan ZPT Alami

23 September 2021 – Selama satu tahun lebih, wabah pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Tak heran jika banyak masyarakat mengeluh semejak penyebaran virus Corona-19 karena begitu banyak dampak negatinya. Namun Setelah lebih dari 1 tahun menghadapi pandemi Covid- 19, masyarakat Indonesia nampaknya telah bisa beradaptasi dengan gaya hidup normal. Masyarakat dibuatnya semakin kreativ terutama pada kalangan ibu-ibu yang memanfaatkan waktunya dengan rajin bertanam-tanaman hortikultura, baik tanaman sayuran seperti kangkung, sawi, selada maupun tanaman bunga-bungaan yang lagi tren sekarang, seperti tanaman aglonema, tanaman philodendron, tanaman calatea dan lain-lain.

Dwi Fitriani salah satu DPL mahasiswa KKN mengatakan “Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman bunga, yaitu yang pertama media tanaman yang harus humus, pemupukan ; baik pupuk organik maupun pupuk anorganik, dan tak kalah pentingnya adalah penggunaan zat perangsang tumbuh. Zat perangsang tumbuh yang biasa dipakai adalah zpt komersil seperti atonik, giben, rooton F,  namun ada zpt yang bisa menggantikan zpt komersil ini yaitu zpt yang dihasilkan sendiri dari bahan-bahan yang ada disekitar kita seperti ; bawang merah, toge, air kelapa, dan rebung. Adapun caranya dengan mengambil bawang merah  atau rebung atau toge sebanyak 100 gr, air kelapa 500 ml,  sasa 1 sendok makan, EM-4 50 ml. Kemudian semua bahan bawang merah ditambahkan air kelapa diblender, kemudian ditambah sasa dan EM-4 difermentasi selama 7 hari.  Setelah  7 hari disaring lalu dimasukan kedalam botol dan sudah siap digunakan. Pengaplikasiannya dapat mengambil 100 ml bahan fermentasi dimasukan ke dalam 1000 ml air dan siap diaplikasikan, tanaman akan lebih subur dan daunnya lebih hijau dan lebih sehat.” Ujarnya

Dilansir dari hal tersebut Fiana Podesta mengatakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan ZPT alami yang memberikan dampak positif untuk masyarakat.