KKN di Tengah Pandemi UMB Tetap Selenggarakan Bimbingan Secara Daring

Gambar 1. Foto salah satu kegiatan Daring KKN

Rabu, 15 September 2021– Di masa pandemi saat ini untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19, salah satu upaya yang dilakukan yaitu social distancing yang berarti tidak diperbolehkannya kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini diterapkan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebanyak 917 mahasiswa/i yang melaksanakan KKN ditempatkan di daerah  masing-masing dengan pencapaian agar mahasiswa/i dapat kontribusi atau mensinergikan ilmu ke daerahnya.

Dalam pelaksanaan KKN Universitas Muhammadiyah Bengkulu tentu tidak lepas dari bimbingan mahasiswa/i dengan DPL. Dari 917 mahasiswa/i dibentuk menjadi 49 kelompok, sehingga tiap pekannya ada pertemuan secara Daring. Tepat di hari ini menjadi pekan ke-4 bimbingan secara Daring selama KKN Berlangsung. Bimbingan daring ini dilakukan serentak melalui Zoom Meeting dengan memasuki ruang Breakroom masing-masing sesuai kelompok. Dalam pelaksanaan bimbingan kegiatan KKN secara daring, hal ini mengundang masalah baru, diantaranya permasalahan teknis seperti masalah koneksi jaringan dan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Zoom Meeting. “Kegiatan bimbingan secara daring ini merupakan bagian program agar KKN UMB 2021 dapat berjalan dengan lancar serta terkendali dengan adanya evaluasi setiap pekannya bersama DPL dari setiap kelompok. KKN ini juga sudah berlangsung sejak tanggal 26 Agustus 2021 terus berlanjut hingga akhir bulan september 2021,” ujar Yusmaniarti, Ketua pantia KKN 2021 Rabu(15/9).

Berdasarkan penjelasan beliau di atas dalam pelaksanaan bimbingan secara daring ini mahasiswa membentuk grup WhatApp dan Google Classroom sebagai media informasi pelaksanaan KKN. Melalui grup Whatsapp tersebut seluruh mahasiswa mendapatkan informasi terkait kelompok dan DPL serta melalui Google Classroom para mahasiswa/i bisa mengupload kegiatan setiap pekannya. Melalui kedua media ini mahasiswa KKN bisa bertanya, ataupun mendapatkan konsultasi dan mentoring seputar KKN.

Gambar 2. Foto salah satu siswa sedang melakukan bimbingan Daring

Program ini ternyata mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa/i hal itu terlihat dari antusiasme dan jumlah mahasiswa yang bergabung di Zoom Meeting “Bimbingan Kegiatan KKN” sebanyak 917 peserta dengan ruang BREAKROOM 49 ruang.

Wanti dari kelompok 26 salah satu mahasiswa KKN, mengakui kesiapan berjalannya KKN ini sangat bagus seperti disediakan akun Zoom Meeting untuk bimbingan hal ini sangat membantu sehingga tidak perlu mempunyai akun Zoom Meeting sendiri, selain itu Bimbingan Kegiatan KKN melalui Zoom Meeting ini telah berhasil membantu kami mahasiswa dalam memahami materi KKN sehingga dapat diterapkan dengan baik ke masyarakat. Para DPL juga berkesempatan untuk mendapatkan informasi dari mahasiswa mengenai program kerja yang sudah terlaksana dan mendapatkan respon baik dari masyarakat. 

Meski sempat mengalami kendala keterbatasan sinyal, serta keterbatasan waktu pelaksanaan. Program KKN terbukti telah berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, kegiatan bimbingan KKN daring ini akan diusahakan untuk dilanjutkan hingga KKN berakhir.