Penarikan Mahasiswa KKN MAs 2021 Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Gambar 1. Pelepasan KKN MAs di Desa Kekari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat

Jumat, 10 September 2021 – merupakan hari pertama dimana Mahasiswa KKN MAs perwakilan Bengkulu melaksanakan Penarikan di Lombok Barat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah Aisyiyah (MAs) merupakan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seluruh indonesia secara bersama-sama. Tujuan pelaksanaan KKN MAs yakni menjadi salah satu sarana pengabdian kepada masyarakat lewat mahasiswa/i PTMA dari seluruh indonesia salah satunya dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Penarikan KKN MAs tersebut dilaksanakan selama 3 hari pada 3 tempat yang berbeda di Lombok Barat yakni; Desa Kekari, Desa Nyur Lembang dan Desa Sandik. Bagi mereka yang telah terpilih menjadi peserta KKN MAs di Lombok Barat telah menjalankan program KKN MAs selama 36 Hari yakni sejak tanggal 09 Agustus hingga 12 September 2021.

Ada macam-macam program yang harus mereka jalankan yaitu; 1). Program Pokok, merupakan program yang direncanakan sesuai kondisi lapangan yang diperlukan bersama dengan masyarakat disana baik berupa soal pendanaan, waktu, teknik, konsep, teknologi maupun inovasi; 2). Program Bantu, merupakan program yang telah direncanakan oleh masyarakat yang dimana mahasiswa untuk ikut membantu pelaksanaan program tersebut; Dan 3). Program kemuhamadiyahan, merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka mendukung gerak dakwah Muhammadiyah.

Gambar 2. Foto bersama KKN MAs dengan Kepala Desa Sandik, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat

Dari pemaparan diatas mahasiswa/i yang menjadi perwakilan tiap daerah di Indonesia merupakan Mahasiwa/i yang terpilih dan kompeten dengan tugas tersebut salah satunya perwakilan Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Berikut nama mahasiwa/i Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang ikut serta dalam KKN MAs 2021 di Lombok Barat, yaitu:

  1. Defri Yuindra : prodi Akuntansi : Lokasi: Desa Kekari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat
  2. Sendi Seli Kartika : prodi Akuntansi : Lokasi: Desa Nyur Lembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat
  3. Shentya Yola Sari : prodi Administrasi Publik : Lokasi: Desa Sandik, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat